RPP Diferensiasi Kelas 3
RPP BERDIFERENSIASI
KELAS 3
SDN JAMBEKUMBU 03
IMRON AZIZ, S.Pd.
CGP Angkatan 7
Kabupaten Lumajang Jawa Timur
ANALISIS KEBUTUHAN BELAJAR
MURID
A.
PEMETAAN KEBUTUHAN
BELAJAR BERDASARKAN PROFIL BELAJAR MURID
PROFIL BELAJAR MURID |
VISUAL |
AUDITORI |
KINESTETIK |
NAMA MURID |
·
Humam, Sinta, Adiba Akbar, Aldi, Fazera |
·
Rara, Ryan, Alif, Nisa, Albino,
Rehan |
·
Bambang, Cello, Zaky,Natan,
Dawiyah, Diego |
PROSES |
Saat
proses pembelajaran berlangsung siswa ditugaskan
untuk mengamati video tentang menentukan nilai pecahan |
Saat
proses pembelajaran berlangsung siswa ditugaskan fokus mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru
atau temannya mengenai konsep
nilai pecahan |
Saat
proses pembelajaran, siswa memperhatikan gambar sebuah pecahan yang disiapkan untuk diwarnai dan didemonstrasikan |
B.
PEMETAAN KEBUTUHAN BELAJAR BERDASARKAN MINAT MURID
MINAT MURID |
KESENIAN |
PRAKARYA |
BAHASA |
NAMA MURID |
·
Nisa, Humam, Sinta, ,Akbar,
Aldi, Fazera |
·
Rara, Ryan, Alif, Adiba, Albino, Rehan |
·
Rara, Ryan, Alif, Nisa, Rehan |
PROSES |
Membuat
tampilan hasil diskusi |
Memperindah tampilan
hasil diskusi dengan ornamen-ornamen |
Menyelaraskan tampilan hasil diskusi sesuai kaidah bahasa |
C.
PEMETAAN KEBUTUHAN BELAJAR BERDASARKAN
KESIAPAN MURID
KESIAPAN MURID |
Mampu menjelaskan konsep pecahan dan bagian-bagian sistem pecahan |
Mampu menjelaskan konsep pecahan dan belum mampu mengidentifikasi bagian-bagian dari pecahan |
Hanya mampu menjelaskan
konsep pecahan |
NAMA MURID |
·
Humam, Sinta, Adiba Akbar, Aldi, Fazera |
·
Rara, Ryan, Alif, Nisa, Albino,
Rehan |
·
Bambang, Cello, Zaky,Natan,
Dawiyah, Diego |
PROSES |
Memimpin demontrasi kelas |
Berpartisipasi
dalam kegiatan diskusi kelas dan fokus terutama ketika pembahasan
tentang sistem dan bagian pecahan
|
Aktif
berperan serta dalam kegiatan diskusi terutama harus sangat fokus pada
kegiatan mengidentifikasi sistem dan bagian pecahan |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN Jambekumbu 03
Kelas : III/2
Tema :
Cuaca (Tema 5)
Sub Tema :
Keadaan cuaca (Sub Tema 2)
Muatan Pelajaran : Matematika
Pembelajaran ke 1
Alokasi Waktu :
3 x 35 Menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan
kegiatan mengidentifikasi pecahan, siswa dapat menentukan pecahan sebagai
bagian dari yang utuh dengan benar.
2. Dengan
kegiatan mewarnai gambar, siswa dapat menyajikan pecahan sebagai bagian dari
yang utuh dengan benar.
3. Setelah
berdiskusi, siswa dapat
menjelaskan bagian pecahan dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1. Kelas dibuka
dengan salam, menanyakan kabar, mengecek kehadiran siswa, dan
dilanjutkan dengan berdoa 2. Siswa diingatkan untuk selalu menerapkan keyakinan kelas yang sudah dibuat. 3.
Siswa menyanyikan lagu
Indonesia Raya 4. Mengaitkan materi
sebelumnya dengan materi
yang akan dipelajari dari pengalaman siswa (Apersepsi) 5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Siswa yang visual: Siswa mengamati video sistem dan
bagian-bagian peahan yang ditampilkan guru melalui slide Siswa yang
auditori: Siswa atau guru memaparkan materi
tentang sistem dan bagian-bagian pecahan Siswa yang
kinestetik: Memberikan kesempatan pada siswa untuk mewarnai
sebuah gambar tentang bagian-bagian pecahan |
75 Menit |
|
1. Siswa
mengamati video sistem dan bagian pecahan yang ditayangkan oleh guru melalui
slide 2. Siswa
mendengarkan penjelasan guru materi tentang sistem dan bagian-bagian pecahan 3. Siswa mewarnai sebuah gambar tentang
bagian-bagian pecahan 4. Siswa mengerjakan soal pecahan
sesuai dengan LKPD 1 yang dibagikan oleh guru 5. Siswa dibimbing guru dalam melakukan diskusi kelas
membahas tentang LKPD 6. Siswa diberikan kesempatan untuk memberikan masukan/umpan balik yang nantinya akan dikuatkan kembali oleh guru. |
|
Kegiatan Penutup |
1.
Siswa diarahkan untuk
membuat kesimpulan pembelajaran 2. Siswa mengerjakan evaluasi 3. Siswa bersama guru merefleksikan hasil
pembelajaran 4. Siswa diberik informasi kegiatan pembelajaran selanjutnya 5. Guru menutup pembelajaran dengan salam |
15 Menit |
C. PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap
Penilaian
sikap dilihat melalui cara siswa dalam menyampaikan pendapat dalam tanya jawab
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan bertujuan untuk mengukur
keberhasilan pembelajaran dengan
mengacu pada tujuan pembelajaran
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan melalui rubrik penilaian
Mengetahui, Lumajang,
16 Februari 2023
Kepala
Sekolah, Guru Kelas III,
(MUHNI, S.Pd) (IMRON AZIZ, S.Pd)
NIP. 19630625 1985 1 008 NIP. 19921209 201903 1 009
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Penilaian
1. Penilaian Sikap:
Observasi dan pencatatan sikap selama kegiatan
a. Format Jurnal
Sikap Spritual
No. |
Tanggal |
Nama siswa |
Catatan perilaku |
Butir
Sikap |
1. |
|
|
Berdoa |
Berdoa |
|
sebelum dan |
sebelum dan |
||
|
sesudah
makan |
sesudah |
||
|
|
melakukan |
||
|
|
kegiatan |
||
2. |
|
|
|
|
…. |
|
|
|
|
b. Formaat Jurnal
Sikap Sosial
No. |
Tanggal |
Nama siswa |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
1. |
|
|
Berani mengemukakan pendapat |
Percaya diri |
2. |
|
|
|
|
…. |
|
|
|
|
2. Penilaian
Pengetahuan Tes Tulis
1)
Apakah pengertian pecahan?
2)
Sebutkan bagian-bagian
pecahan!
3)
Berapakah nilai gambar pecahan berikut?
Rubrik Penilaian
Penilaian Pengetahuan
Aspek |
4
(baik sekali) |
3
(baik) |
2
(cukup) |
1
(perlu pendampingan) |
Menyajikan pecahan sebagai bagian dari
sesuatu yang utuh |
Siswa mampu mewarnai gambar sesuai dengan
nilai pecahannya |
Siswa mampu mewarnai gambar namun tidak
sesuai dengan nilai pecahannya |
Siswa belum mampu mewarnai dan menentukan
nilai pecahannya |
Siswa belum mampu mengikuti kegiatan |
3.
Penilaian Keterampilan
Kemampuan melaporkan sistem dan
bagian pecahab dengan tepat
Aspek |
3 |
2 |
1 |
Kelancaran dalam
melaporkan |
Siswa dapat melaporkan hasil diskusi dengan lancar |
Siswa
melaporkan hasil diskusi dengan sedikit terbata-bata |
Siswa melaporkan hasil
diskusi dengan terbata-bata dan
tidak lancar |
Penggunaan bahasa |
Siswa menggunakan bahasa yang sangat mudah
dipahami |
Siswa menggunakan bahasa yang cukup mudah dipahami |
Siswa menggunakan bahasa yang
sulit dipahami |
LEMBAR KERJA PESERTA
DIDIK (LKPD)
1.
Apakah yang dimaksud dengan
pecahan?
2.
Apa sajakah bagian-bagian pecahan?
3. Tuliskan
pecahan dari gambar berikut!
4. Warnailah
pecahan berikut :
Komentar
Posting Komentar